Produksi Iklan Layanan Masyarakat dalam Menciptakan Citra PositifPanti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Worowiloso, Salatiga

Authors

  • Ruth Anggraeni Putri Lahade Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia Author
  • Sampoerno Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia Author
  • Ester Krisnawati Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.54783/5p8x9034

Keywords:

Anak, PPSA Worowiloso, Komunikasi, Iklan Layanan Masyarakat.

Abstract

Anak merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Kesejahteraan anak menjadi tolak ukur masa depan bangsa Indonesia. Agar tercipta masa depan yang baik, kebutuhan anak harus dijamin. Salah satu peran pemerintah dalam memenuhi kesejahteraan anak di Indonesia dengan menyediakan Panti Pelayanan Sosial Anak. Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Worowiloso Salatiga, merupakan salah satu UPT (Unit Pelaksanaan Teknis) dibawah Dinas Sosial Jawa Tengah yang bergerak untuk memberikan santunan, bimbingan dan rehabilitasi kepada anak terlantar agar mendapatkan kesejahteraan hidup. Namun demikian, program yang dilakukan PPSA Worowiloso Salatiga untuk memenuhi kebutuhan anak asuh belum dimengerti banyak masyarakat. Oleh sebab itu, penulis ingin membantu untuk membuat iklan layanan masyarakat berupa poster dan brosur untuk memperkenalkan program pelayanan PPSA Worowiloso Salatiga sehingga tercipta citra positif dan mendapat pengertian dari masyarakat terhadap PPSA Worowiloso Salatiga. Dari hasil penelitian dengan metode kaji tindak (action reseach) ini bahwa iklan layanan yang dibuat dapat menciptakan Citra positif PPSA Worowiloso, Salatiga.

References

Aeni, S. N. (2022). Candid adalah Pengambilan Foto Secara Diam-diam, Ini Penjelasannya. Diakses dari: https://katadata.co.id/agung/berita/62c267f4872fd/candid-adalah-pengambilan-foto-secara-diam-diam-ini-penjelasannya#:~:text=Dari%20penjelasan%20di%20atas%2C%20kita,sehingga%20hasilnya%20terlihat%20lebih%20natural

Badan Pusar Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2021). Jumlah Panti Asuhan Menurut Pengelola dan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah 2019-2021. Diakses dari: https://jateng.bps.go.id/indicator/27/568/1/jumlah-panti-asuhan-menurut-pengelola-dan-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html

Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. (2018). Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Diakses dari: https://dinsos.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/lembaga-kesejahteraan-sosial-anak-lksa-93#:~:text=Panti%20asuhan%20atau%20lembaga%20kesejahteraan,dan%20pengentasan%20anak%20terlantar%2C%20memberikan

KBBI. (2023). Arti brosur. Diakses dari: https://kbbi.web.id/brosur

KBBI. (2023). Arti kata Foto. Diakses dari: https://kbbi.web.id/foto

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wilery & Sons, Inc.

Mankhe, F. H. (1966). Color Enviroment & Human Response. Canada: John Wiley & Sons.

Morissan. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Rheny, S. (2022). Layout adalah: Pengertian, 5 elemen desain layout, manfaat, dan prinsip pembuatannya. Diakses dari: https://www.ekrut.com/media/layout-adalah

Safitri, R. R. (2022). Apa Itu Tagline: Definisi, Contoh, Jenis, & Tips Membuatnya. Diakses dari: https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-tagline/

Sriliasta, B. C. (2021). Consumer Insight untuk Pertumbuhan Usaha. Jurnal Abdimas, 8.

Supriyono, R. (2017). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI Offset.

Wahyuni, S. (2015). Desain Komunikasi Visual. Madura: UTM Press.

Downloads

Published

28-06-2023

How to Cite

Produksi Iklan Layanan Masyarakat dalam Menciptakan Citra PositifPanti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Worowiloso, Salatiga. (2023). Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 14-29. https://doi.org/10.54783/5p8x9034

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1-10 of 26

You may also start an advanced similarity search for this article.