Produksi Iklan Layanan Masyarakat dalam Menciptakan Citra PositifPanti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Worowiloso, Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.54783/5p8x9034Keywords:
Anak, PPSA Worowiloso, Komunikasi, Iklan Layanan Masyarakat.Abstract
Anak merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Kesejahteraan anak menjadi tolak ukur masa depan bangsa Indonesia. Agar tercipta masa depan yang baik, kebutuhan anak harus dijamin. Salah satu peran pemerintah dalam memenuhi kesejahteraan anak di Indonesia dengan menyediakan Panti Pelayanan Sosial Anak. Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA) Worowiloso Salatiga, merupakan salah satu UPT (Unit Pelaksanaan Teknis) dibawah Dinas Sosial Jawa Tengah yang bergerak untuk memberikan santunan, bimbingan dan rehabilitasi kepada anak terlantar agar mendapatkan kesejahteraan hidup. Namun demikian, program yang dilakukan PPSA Worowiloso Salatiga untuk memenuhi kebutuhan anak asuh belum dimengerti banyak masyarakat. Oleh sebab itu, penulis ingin membantu untuk membuat iklan layanan masyarakat berupa poster dan brosur untuk memperkenalkan program pelayanan PPSA Worowiloso Salatiga sehingga tercipta citra positif dan mendapat pengertian dari masyarakat terhadap PPSA Worowiloso Salatiga. Dari hasil penelitian dengan metode kaji tindak (action reseach) ini bahwa iklan layanan yang dibuat dapat menciptakan Citra positif PPSA Worowiloso, Salatiga.
References
Aeni, S. N. (2022). Candid adalah Pengambilan Foto Secara Diam-diam, Ini Penjelasannya. Diakses dari: https://katadata.co.id/agung/berita/62c267f4872fd/candid-adalah-pengambilan-foto-secara-diam-diam-ini-penjelasannya#:~:text=Dari%20penjelasan%20di%20atas%2C%20kita,sehingga%20hasilnya%20terlihat%20lebih%20natural
Badan Pusar Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2021). Jumlah Panti Asuhan Menurut Pengelola dan Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah 2019-2021. Diakses dari: https://jateng.bps.go.id/indicator/27/568/1/jumlah-panti-asuhan-menurut-pengelola-dan-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html
Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. (2018). Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Diakses dari: https://dinsos.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/lembaga-kesejahteraan-sosial-anak-lksa-93#:~:text=Panti%20asuhan%20atau%20lembaga%20kesejahteraan,dan%20pengentasan%20anak%20terlantar%2C%20memberikan
KBBI. (2023). Arti brosur. Diakses dari: https://kbbi.web.id/brosur
KBBI. (2023). Arti kata Foto. Diakses dari: https://kbbi.web.id/foto
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wilery & Sons, Inc.
Mankhe, F. H. (1966). Color Enviroment & Human Response. Canada: John Wiley & Sons.
Morissan. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Rheny, S. (2022). Layout adalah: Pengertian, 5 elemen desain layout, manfaat, dan prinsip pembuatannya. Diakses dari: https://www.ekrut.com/media/layout-adalah
Safitri, R. R. (2022). Apa Itu Tagline: Definisi, Contoh, Jenis, & Tips Membuatnya. Diakses dari: https://www.exabytes.co.id/blog/apa-itu-tagline/
Sriliasta, B. C. (2021). Consumer Insight untuk Pertumbuhan Usaha. Jurnal Abdimas, 8.
Supriyono, R. (2017). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI Offset.
Wahyuni, S. (2015). Desain Komunikasi Visual. Madura: UTM Press.










1.png)